Spread the word

Monday, March 12, 2007

15 MITRA KERJA TERIMA DANA PKBL

Sebanyak 15 mitra kerja Perum Perhutani KPH Sukabumi , Rabu (27/12/2006) telah menerima dana PKBL yang jumlah keseluruhannya sebesar Rp 90.000.000,-. Dana tersebut langsung diserahkan oleh Adm KPH Sukabumi Ir. H. Iing Moh. Ichsan, MT disaksikan oleh Kepala Dinas Kehutanan Kab. Sukabumi Drs Bambang Setiawan dan Pejabat dari Dinas Koperasi dan UKM Kab. Sukabumi Ir. Edwin.
Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL) adalah merupakan kebijakan Perhutani menggulirkan pinjaman lunak yang dilakukan setiap tahun, dengan sasaran para penerima dana PKBL tersebut yaitu mitra kerja yang tergabung dalam PHBM. Adapun 15 mitra kerja yang menerima dana PKBL tersebut yaitu sebagian besar adalah LMDH dengan jenis usaha beragam antara lain usaha ternak lebah madu, perdagangan pupuk, las, perdagangan pakaian, usaha anyaman bamboo, dll.
Administratur KPH Sukabumi Ir. H. Iing Moh. Ichsan, MT dalam sambutannya menyampaikan, “PKBL adalah merupakan kebijakan Perhutani yang dilakukan setiap tahun, berupa pinjaman lunak yang diberikan kepada mitra kerja. Dan sampai dengan tahun 2005 Perhutani KPH Sukabumi telah menggulirkan pinjaman dana PKBL sebesar Rp 1.173.855.000 kepada 291 mitra binaan”.
Lebih lanjut disampaikan“Dengan suntikan dana tersebut mudah-mudahan usaha mitra binaan menjadi lancar dan dalam pelaksanaannya dapat menyerap tenaga kerja, selain itu setorannya lancar dengan harapan tahun depan dapat digulirkan kembali. Selain itu harapan kami mitra kerja dapat bekerjasama dengan petugas kami dilapangan yaitu berpartisipasi aktif dalam menjaga hutan. Kebetulan penerima dana PKBL ini jenis usahanya membuat pagar, sehingga kami berharap bahwa pagarnya mengamankan hutan yaitu bapak-bapak yang tergabung dalam KTH”.
Sementara itu Ir. Edwin dari Dinas Koperasi dan UKM dalam sambutannya menyampaikan, “Bapak/ibu yang hari ini mendapatkan bantuan dana PKBL, sekecil apapun bantuan pinjaman yang diterima harus disyukuri dan semoga barokah dalam penggunaannya. Berdasarkan data BPS di Kab. Sukabumi tercatat sebanyak 17.135 UKM yang berharap mendapatkan suntikan dana, oleh karena itu Bapak/ibu termasuk yang beruntung. Sesuai dengan harapan Adm KPH Sukabumi dimana Bapak/ibu diharapkan turut berpartisipasi aktif dalam mengamankan hutan, kami mendukung agar Bapak/ibu ikut menjadi pagarnya dalam mengamankan hutan”.
Sedangkan Kepala Dinas Kehutanan Kab. Sukabumi Drs Bambang Setiawan, dalam pengarahannya mengingatkan kepada para penerima pinjaman dana PKBL tersebut agar jangan mudah dalam minjamnya saja, namun harus ingat juga kepada kewajibannya yaitu secara rutin lancar dalam setorannya. Selain itu Kadishut menitipkan hutan dalam keadaan bagaimanapun kalau mendengar dan melihat gangguan keamanan hutan agar ikut berperan aktif.


0 komentar:

Adsense Indonesia  

Based on original Visionary template by Justin Tadlock
Visionary Reloaded theme by Blogger Templates

Kesatuan Pemangkuan Hutan Sukabumi Visionary WordPress Theme by Justin Tadlock Powered by Blogger, state-of-the-art semantic personal publishing platform